Cara Menjadi Ayah Teladan

Tidak hanya cukup dengan memberi hadiah Ayah teladan sangat dibutuhkan kehadirannya di setiap keluarga. Para suami, maukah Anda menjadi ayah dengan cara meningkatkan peran Anda secara aktif di rumah Anda?

Artikel ini masih terkait dengan artikel sebelumnya mengenai sindrom pasca kelahiran. Dalam hal ini peran para suami menjadi sangat penting untuk membuat istrinya yang baru melahirkan merasa lebih nyaman. Seorang ayah sebaiknya lebih terlibat lagi dalam mengasuh bayinya. Pandangan masyarakat bahwa mengasuh bayi hanya tugas ibunya saja sudah mulai berubah sekarang. Mengasuh bayi adalah tugas ayah dan ibunya sebagai satu tim yang bekerja sama. Anda setuju?
Ahli psikologi anak mengatakan bahwa peran aktif seorang ayah dalam mengasuh bayinya yang baru lahir membawa dampak positif. Sentuhan langsung seorang ayah memberikan pengaruh secara psikis dan fisik kepada bayi; hal ini akan menciptakan ikatan batin yang kuat antara keduanya. Banyak yang bisa dilakukan seorang ayah dalam mengasuh bayi : menggendong, menyentuh, memijat, mengganti popok, memandikan, menidurkan bayi,dll.

Para Ahli menyarankan seorang ayah sebaiknya ikut mengasuh bayinya sesering mungkin. Saat ini adalah saat yang indah bagi seorang ayah, Anda sebaiknya mengalami dan menikmatinya, siapa tahu hal ini tidak terulang lagi!

Anda ingin menjadi ayah teladan? Berikut tip yang praktis untuk Anda :
Jika bayi Anda belum lahir, belajarlah dengan serius cara merawat bayi terlebih dahulu. Lebih baik jika Anda dan istri mengambil kursus singkat merawat bayi yang saat ini sudah mulai banyak diselenggarakan di rumah sakit. Dalam kursus ini Anda akan belajar berbagai aktifitas dalam merawat bayi seperti cara memandikan, menggendong, memijat, mengangkat bayi dari baby box, membersihkan bayi dari kotoran setelah buang air besar dan kecil serta menyiapkan makanan bergizi untuk istri Anda yang akan memberikan ASI nanti.
Jika Anda tidak punya waktu luang untuk mengambil kursus, Anda bisa cari informasi lebih banyak dengan membaca banyak buku terkait atau searching ke google. Cara lain : Anda bisa meminta tolong Ibu, Bibi, kakak perempuan Anda atau siapa saja yang Anda percaya untuk mengajari Anda cara merawat bayi.

Bayi Anda sudah lahir! Beri kesempatan istri Anda untuk beristirahat terlebih dahulu agar tenaganya pulih kembali, kondisi emosinya menjadi lebih stabil dan juga agar terhindar dari kelelahan merawat bayi. Peran Anda menjadi sangat penting dalam membantu istri Anda mengatasi sindrom pasca melahirkan yang mungkin dialaminya.
Bantu istri Anda setiap kali dia meminta bantuan Anda.
Bantu istri Anda tanpa menunggu dia minta bantuan terlebih dulu.
Bantu mengerjakan tugas rumah yang tidak sempat dikerjakan istri Anda
Terlibatlah secara aktif dalam mengasuh bayi Anda. Praktekkan apa yang sudah Anda pelajari!

Mau Yang HOT HOT