Struktur Pidato Yang baik

Struktur Pidato Yang baik
  1. SALAM PEMBUKA
  2. PEMBUKA PIDATO
  3. PEMBAHASAN ISI PIDATO
  4. PENUTUP PIDATO
  5. SALAM PENUTUP


Mari kita bahas satu persatu struktur pidato di atas..
SALAM PEMBUKA PIDATO


Salam pembuka pidato seharusnya disesuaikan dengan audiens / hadirin. Jika para hadirin adalah orang Islam saja, alangkah baiknya jika salam pembuka harus menggunakan "Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarokaatuh."

Begitu juga jika hadirin adalah orang Kristen, Hindu, Budha, dan agama lainnya, salam pembuka mengikuti sapaan umum menurut agama masing-masing. Namun jika para hadirin adalah sekumpulan manusia yang berbeda-beda dengan agama yang berbeda beda, kita boleh saja mengucapkan salam pembuka dengan menyebutkan semua sapaan tiap-tiap agama, atau bisa juga diganti dengan "Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Malam" untuk mempermudah saja.

Umumnya, setelah kita mengucapkan salam pembuka, ada sapaan khusus kepada beberapa hadirin. Sapaan tersebut biasanya diurutkan kepada orang-orang tertentu dengan diawali sapaan kepada yang lebih tinggi derjatnya. Misalnya, "Yang terhormat Bpk Presiden, Yang terhormat Bpk Wakil Presiden, Yang terhormat Bpk Menteri.. " dan lain sebagainya.
PEMBUKA PIDATO


Setelah mengucapkan salam, struktur pidato kemudian dilanjutkan dengan mengutarakan "Pembuka Pidato". Pembuka pidato biasanya berisi Ucapan Puji Syukur kepada Tuhan serta menyebutkan sedikit tentang isi pidato.
PEMBAHASAN ISI PIDATO


Pembahasan isi pidato adalah penjabaran secara menyeluruh tentang tema pidato. Alangkah baiknya jika pembahasan ini bersifat ilmiah sehingga isi pidato bisa meyakinkan hadirin. Terlebih lagi jika isi pidato bisa membangkitkan dan menggugah semangat para hadirin. Jangan sampai isi pidato menjadi kurang menarik karena terkesan terlalu sering dibicarakan, cobalah membahas pidato yang belum pernah diungkapkan sebelumnya.
PENUTUP PIDATO


Penutup pidato umumnya terdiri atas dua bagian, yaitu : simpulan dan harapan. Penutup pidato yang baik haruslah mencakup kesimpulan. Simpulan bisa diungkapkan secara singkat, jelas dan padat atau bisa juga dilemparkan kepada hadirin untuk menyimpulkannya sendiri.

Setelah mengutarakan kesimpulan, penutup pidato juga biasa berisi harapan. Harapan yang diungkapkan haruslah hal-hal positif yang berhubungan dengan pidato.
SALAM PENUTUP


Struktur pidato paling akhir adalah salam penutup. Salam penutup pada umumnya diikuti dengan ucapan terima kasih, permintaan maaf, lalu diakhiri dengan salam penutup.
Mau Yang HOT HOT